Konsekuensi Hukum Jika Membayar Biaya Sogok Masuk Polisi

Konsekuensi Hukum Jika Membayar Biaya Sogok Masuk Polisi

Mohon izin bertanya, saya berharap jadi anggota Polisi. Untuk masuk jadi anggota Polisi apakah kudu membayar sejumlah uang? Saya sempat ditawari kenalan saya untuk jadi polisi tanpa tes tetapi kudu membayar uang Rp200 juta sebab dia membawa orang dalam. Apakah membayar biaya masuk polisi jalan belakang ini diperbolehkan? Jika tidak, apa konsekuensi hukumnya kecuali kita nyogok untuk jadi polisi? Dan bagaimana langkah masuk polisi tanpa biaya?

Bersih. Penerimaan calon anggota polisi dikerjakan secara objektif, jujur, adil dan bebas berasal dari korupsi, kolusi dan nepotisme;
Transparan. Proses penerimaan calon anggota polisi dikerjakan secara terbuka bersama bersama pengawasan pihak internal, eksternal dan mengakses akses kepada publik;
Akuntabel. Proses dan hasil penerimaan calon anggota polisi sanggup dipertanggungjawabkan; dan

Humanis. Penerimaan calon anggota polisi dikerjakan bersama bersama sikap ramah, santun dan menghormati tinggi nilai hak asasi manusia.
Patut Anda cermati berasal dari keputusan di atas, bahwa tidak benar satu komitmen penerimaan anggota polisi adalah bersih, bebas berasal dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Nominal angka yang Anda sebutkan senilai Rp200 juta sebagai biaya masuk polisi jalan belakang pasti menyalahi komitmen bersih di dalam Perkapolri 10/2016 tersebut tips lolos seleksi polri dan tni .

Konsekuensi Hukum Jika Membayar Biaya Sogok Masuk Polisi
Selain melanggar komitmen di dalam Perkapolri 10/2016, beri tambahan biaya sogok masuk polisi ke ‘orang dalam’, terancam pasal penyuapan di dalam UU 20/2001. Pelaku penyuapan dapat terancam pidana penjara paling singkat satu th. dan paling lama lima th. atau denda sedikitnya Rp50 juta dan maksimal Rp250 juta orang yang:[1]

memberi atau menjanjikan sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara bersama bersama maksud agar pegawai negeri atau penyelenggara negara selanjutnya berbuat atau tidak berbuat sesuatu di dalam jabatannya, yang bertentangan bersama bersama kewajibannya; atau bimbel akpol akmil bekasi

memberi sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara sebab atau terkait bersama bersama sesuatu yang bertentangan bersama bersama kewajiban, dikerjakan atau tidak dikerjakan di dalam jabatannya.

Adapun, oknum polisi yang menerima suap menurut Pasal 5 ayat (2) UU 20/2001 termasuk dapat dipidana bersama bersama pidana yang serupa sebagaimana disebut di atas.

Baca juga: Perbedaan Antara Suap dan Gratifikasi

Mengutip artikel Ancaman Pidana Bagi Pemberi dan Penerima Gratifikasi, pertolongan uang kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara diancam bersama bersama hukuman pidana dan yang lebih kudu adalah sanksi pidana selanjutnya dikenakan terhadap pemberi dan penerima suap.

Dengan demikian, kecuali Anda melakukan penyuapan atau menyogok untuk jadi anggota polisi, maka baik Anda maupun oknum polisi yang menerima uang selanjutnya sama-sama terancam pidana penyuapan.

Sebagai tambahan informasi, Anda kudu berhati-hati bersama bersama pihak-pihak yang berharap Anda membayarkan sejumlah uang bersama bersama obyek memudahkan Anda jadi anggota polisi. Terdapat kasus penipuan jasa calo bersama bersama membayarkan biaya nyogok masuk polisi. Seperti di dalam kasus Menyogok Masuk Polisi, Warga Denpasar Kena Tipu Rp350 Juta.

Cara Masuk Polisi Tanpa Biaya
Alih-alih menanyakan berapa biaya masuk polisi melalui jalan belakang, Anda sanggup mengikuti tes masuk polisi secara gratis cocok bersama bersama keputusan yang berlaku. Untuk mendaftar jadi anggota polisi, kudu diperhatikan 3 tipe penerimaan polisi, yaitu:

Perwira Polri, bersama bersama pangkat Inspektur Polisi Dua berasal dari jalan pendidikan Akademi Polisi dan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana;
Bintara Polri, bersama bersama pangkat Brigadir Polisi Dua;
Tamtama Polri, bersama bersama pangkat Bhayangkara Dua.
Adapun jalan penerimaan anggota Polri terdiri berasal dari jalur:[3]

jalur umum: pendaftar sedikitnya lulusan SMA/sederajat;
jalur talent scouting: penerimaan calon anggota polisi yang memprioritaskan bakat, minat dan potensi yang dibutuhkan Polri;
jalur beasiswa: pendaftar sedikitnya lulusan SMA/sederajat bersama bersama beasiswa Polri.
Syarat untuk mendaftar sebagai calon anggota Polri yaitu:[4]

Warga Negara Indonesia;
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
setia kepada NKRI, Pancasila dan UUD 1945;
berpendidikan sedikitnya SMA atau sederajat;
minimal berusia 18 th. terhadap saat diangkat jadi anggota Polri;
sehat jasmani dan rohani;
tidak pernah dipidana dan/atau tengah menekuni sistem pengecekan sebab melakukan kejahatan;
berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
Selain syarat-syarat umum di atas, terkandung lebih berasal dari satu syarat-syarat khusus. Syarat-syarat selanjutnya sanggup Anda cermati di dalam Penerimaan Bintara Polri, Penerimaan Taruna/i Akpol, Penerimaan SIPSS, dan Penerimaan Tamtama Polri.

Untuk mendaftar sebagai anggota Polisi, Anda sanggup memantau website Penerimaan Anggota Polri. Situs ini beri tambahan informasi perihal bersama bersama tipe penerimaan, syarat, dan termasuk jadwal penerimaan anggota Polisi. Jika Anda mengikuti alur penerimaan anggota Polri secara legal dan resmi, Anda sanggup masuk polisi tanpa biaya.

Seluruh informasi hukum yang ada di Klinik hukumonline.com disiapkan semata – mata untuk obyek pendidikan dan berupa umum (lihat Pernyataan Penyangkalan selengkapnya). Untuk memperoleh nasihat hukum tertentu terhadap kasus Anda, konsultasikan segera bersama bersama Konsultan Mitra Justika.

Demikian jawaban kita perihal konsekuensi hukum kecuali membayar biaya sogok masuk polisi, semoga bermanfaat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *